Haemulpajeon(해물파전)

The story:

Jeon adalah makanan Korea yang digoreng. Pada jaman dulu jeon dimasak di atas tutupan panci besar dari besi yang disebut Beoncheol yang dijadikan sebagai wajan. Istilah Jeon berasal dari tulisan Cina dan bermakna memasak di depan. Artinya, ketika seseorang memasak Jeon, dia harus mengawasinya di depan api.
Di antara jenis Jeon, Bindaetteok dan Pajeon merupakan yang paling terkenal. Kedua jeon ini dapat dijuluki sebagai pizza ala Korea dan selalu hadir pada meja hidangan pesta. Sekarang jeon dianggap makanan mewah yang disajikan pada hari istimewa dan saat ada selamatan.

Bahan Utama :
20g tiram, 20g udang, 30g cumi-cumi, 70g daun bawang yang tipis dan kecil, 1 buah cabe hijau, 1 buah cabe merah, 1/2 buah bawang bombai, 1/3 lembar Dasima, sejenis rumput laut, 250g tepung terigu, 2 butir telur, 1 sdt bawang putih cincang halus, 1/2 sdt minyak wijen, sedikit garam dan lada.

Bumbu :
2 sdm kecap asin, 1 sdm cuka, 1 sdt gula pasir, 2 sdm air, 1/4 sdt sari buah lemon, dan sedikit sari bawang putih.


Cara Memasak:

1. Garami udang, tiram, dan cumi-cumi yang dipotong dengan ukuran 5cm dengan minyak wijen, bawang putih cincang halus, lada, dan garam. Kulit udang direbus dengan Dasima, sejenis rumput laut untuk dijadikan kaldu.


2. Daun bawang dipotong setelah bagian ujungnya dibuang. Potong melintang cabe merah dan cabeh hijau. Bawang bombai dipotong tipis-tipis.

3. Buat adonan dengan tepung terigu dan air kaldu dengan proporsi 1:1 lalu dibumbui dengan garam, lada, dan bawang putih cincang halus. Masukkan kocokan telur ke dalamnya.


4. Panaskan wajan dengan minyak lalu tempatkan daun bawang yang sudah diselimuti adonan di atasnya.

5. Tempatkan hasil laut yang sudah dibumbui di atas daun bawang lalu ditutupi dengan kocokan telur dan dihiasi dengan cabe merah dan cabe hijau.


6. Setelah setengah matang, kecilkan api menjadi sedang dan sajikan bersama saus.






A/N: sayangnya gak bisa masukin gambar... wah.. kenapa, ya?? padahal kalo ada gambarnya,sedep dah tuh.. gambarnya sangat menggiurkan.. kayaknya enak banget deh,, ntaran aku mau coba.. hags.hags.hags..
kayaknya aku masukin link nya juga deh...

klik ini..^^
"http://world.kbs.co.kr/indonesian/program/program_kfoodrecipe_detail.htm?No=29">
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Haemulpajeon(해물파전)"

Posting Komentar